Bekasmu Bekasku

It's all about komputer bekas

Mendengar kata "bekas", bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang sangat dihindari. Namun bagi sebagian orang dianggap sebagai sesuatu yang banyak dicari. Sangat dihindari adalah jelas bagi orang2 yang mengutamakan kualitas, garansi, dan mungkin juga gengsi. Ini terutama bagi personal yang ber"uang" lebih atau bagi instansi tertentu yang membutuhkan komputer bukan sebagai alat perkantoran biasa.
Bagi sebagian orang yang mencari komputer bekas, jelas banyak sekali alasannya. Diantaranya adalah faktor harga. Harga komputer bekas jelas jauh lebih murah dari komputer baru. Faktor lain adalah kegunaan; seseorang yang menggunakan komputer hanya untuk mengetik, tau sekedar iseng untuk hiburan memutar lagu atau film, kebanyakan akan memilih komputer bekas, sebagai contoh komputer yang digunakan untuk usaha rental, pengetikan, jasa printing dokumen dll.

Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Komputer baru
  • Garansi jelas
Komputer baru jelas mempunyai garansi, baik itu garansi toko, distributor ataupun garansi pabrik. Sebagai konsumen sudah pasti akan membeli barang yang bergaransi jelas dan mantap.

  • Kinerja
Komputer baru jelas mempunyai kinerja yang lebih bagus ketimbang komputer bekas, Fungsi motherboard normal semua, fungsi processor dan fungsi bagian yang lain semua normal. Sebenarnya untuk masalah kinerja ini tidak hanya ditentukan oleh baru atau bekas, melainkan ditentukan oleh kualitas dari merk dan kualitas part tersebut. Artinya begini: meskipun baru tidak menjamin kinerja dan performa yang benar2 sesuai dengan keinginan. Dalam kenyataan banyak part baru yang ternyata lemot. Ingat! untuk saat ini semua vendor spare part komputer mengeluarkan produk murahnya tidak peduli itu merk terkenal seperti ASUS atau Gigabyte dll.
  • Bentuk dan tampilan
Bentuk serta tampilan komputer baru jelas up to date, semua mulus, cat mengkilap dan kelebihan kelebihan fisik lainnya. Karena dalam kenyataan banyak orang yang mementingkan semua itu. seperti contohnya komputer semua part nya bekas tapi monitor dan chasing, keyboard, serta mouse nya sengaja dibikin baru. Jadi secara fisik unit PC tersebut kelihatan baru, dan pada kenyataanya memang baru tapi cuma kulit luarnya saja.

Kekurangan Komputer baru
  • Kekurangan pertama mungkin masalah harga
Unit komputer baru jelas mahal, walaupun itu relatif. Patokan saya mengatakan mahal kenapa? coba anda hitung berapa lama jeda waktu status barang baru menjadi bekas. Satu minggu, satu jam, satu hari atau bahkan 1 menit. Ketika Anda membuka packing kemudian anda menggunakannya maka saat itu pula secara umum statusnya menjadi bekas. Maka kemudian sering kita dengar dalam dunia jual beli ada istilah  komputer baru dengan embel embel baru dipakai  minggu atau satu bulan dan seterusnya. Atau mungkin Komputer bekas istimewa, dibilang istimewa karena baru dipakai 1 minggu, i bulan dan lain sebagainya. Dan apapun embel embelnya barang tersebut adalah bekas. Kenapa? ya jelas karena sudah tidak baru lagi. Dibilang baru, sudah dipakai, mau dibilang bekas kok masih baru dipakai satu minggu?.
  • Tidak adanya jaminan kualitas
Pernahkan anda mengalami salah satu masalah ini? anda membeli komputer baru dengan harga yang mahal dan menurut anda spesifikasi dan merk yang anda pilih sudah bagus dengan harga bagus pula, tapi tiba2 diluar dugaan tiba tiba komputer bermasalah ketika anda baru memakai 1 minggu atau satu bulan?.
Percayalah..Ini banyak tejadi. Permasalahan sebenarnya dimana? permasalahannya adalah yang pertama karena sifat barang elektronik. Vendor mana yang berani menjamin bahwa produknya akan bertahan 1 tahun atau 2 tahun tanpa masalah? maka yang ada kemudian garansi. Artinya jika barang rusak maka akan mendapatkan ganti atau mendapatkan jasa service, tentu saja setelah klain diterima.

Nah, setelah membahas kekurangan dan kelebihan komputer baru, maka gilirannya membahas kelebihan dan kekurangan komputer bekas.

Kelebihan komputer bekas
  •  Harga yang murah
Faktor ini menurut saya adalah yang paling penting karena dalam kenyataan bukan hanya orang yang tidak punya uang atau uangnya pas pasan saja yang membeli komputer dan barang bekas lainnya. Hukum ekonomi berlaku dimana mana termasuk disini. Ketika orang yang ber"uang" membeli sesuatu, mungkin pilihan akan jatuh kepada barang baru. Tapi coba cermati, apa mereka tidak membandingkan harga? kenapa membandingkan harga? jelas karena mencari harga termurah bukan membandingkan harga untuk mencari yang termahal kan..?
  • Kualitas
Mengapa komputer bekas punya kelebihan kualitas? saya akan coba sedikit menjelaskan kenapa. Komputer bekas tidak boleh diartikan bekas berarti jelek. Bila kita beruntung justru mungkin kita mendapatkan komputer bekas bagus. Maksudnya apa? maksudnya bekas barang bagus. Bisa jadi walaupun bekas, kualitas, kinerja dan juga tampilannya tidak kalah dengan yang baru. Iluatrasinya singkatnya begini: Seperti jika Anda membeli mobil bekas, mobil anda pasti lebih bagus, lebih bertenaga, dan lebih modis ketimbang anda membeli mobil baru dari SUZUKI misalnya. Kenapa? karena mobil bekas anda bermerk HUMMER yang sudah dipakai1 atau 2 tahun. Itu hanya sebagai contoh saya, walaupun mobil dan komputer tidak bisa disamakan dalam harga.

Kekurangan komputer bekas
  • Kualitas
Komputer bekas jelas secara umum berkualitas bekas. Jika anda tidak pintar dalam memilih, bisa bisa hanya buang uang sia sia.
  • Tidak ada garansi
Secara umum toko atau personal yang menjual komputer bekas akan memberikan garansi satu minggu atau paling lama satu bulan
  • Bentuk dan model 
Bentuk serta model komputer bekas jelas tidak sebagus komputer baru. Bagi yang mementingkan kualitas jelas ini tidak ada masalah.

Membahas komputer bekas, walaupun jelas banyak sekali kekurangan, menurut saya pribadi jika kita pintar memilih barang, kita bisa dapatkan komputer berkualitas dengan harga murah. Berkualitas karena memang bekas barang bagus dan masih bagus, harga murah karena itu barang bekas.

Kesimpulannya adalah: jika memang kita menggunakan komputer untuk keperluan yang sangat sangat serius yang membutuhkan kinerja top dan mempunyai budget yang fleksibel, maka belilah komputer baru dengan spesifikasi yang top, merk teruji dan spare part kualitas atas.
Dan bila budget pas pasan dan tidak fleksibel, maka alternatifnya adalah membeli komputer bekas dengan catatan harus pandai2 memilih. Ingat..Harga mahal bukan jaminan dan harga murah tidak berarti murahan.

Dalam blog ini saya akan mencoba mengulas tentang trik dan tips membeli hardware bekas, meliputi: cara memilih hardware bekas dan cara mengetest harware bekas yang mencakup semua hardware komputer dari PS (power Suply), MOBO (Motherboard), Processor, memori atau RAM, HD (Hard disk) VGA (Video Graphic Accelerator), Sound card, Optical Dive, Monitor CRT, monitor LCD, LCD Proyektor, serta kelengkapannya seperti Keyboard, Mouse, Speaker, Printer, scanner, UPS, Modem CDMA, Modem GSM, WIFI, Bluetooth, card reader , headset, Webcam, dan lain sebagainya.
Terimakasih alias matur nuwun semoga bermanfaat.













Similiar Devices

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar berisi apa saja. Atau jika ada pertanyaan atau membutuhkan panduan berkaitan dengan permasalahan komputer, hardware dll...silahkan tulis komentar dengan email Anda. Saya akan dg senang hati menjawab sesuai pengetahuan saya..terimakasih. JANGAN SPAM!!!