Tips Mencari Membeli PC Untuk Internetan [WARNET]

Seiring perkembangan teknologi informasi, pengguna Internet pun kini semakin banyak dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Tak pelak, kebutuhan terhadap komputer atau PC juga meningkat tajam karena hal tersebut. Produk produk PC pun semakin banyak ragam beredar di pasaran komputer dengan jenis dan spesifikasi yang beragam pula, dari mulai yang paling mahal sampai yang paling murah.


Mencari spesifikasi PC atau komputer yang tepat sesuai dengan kebutuhan menjadi hal penting dalam hal ini. Karena dengan PC yang tepat sesuai kebutuhan jelas akan menguntungkan dalam semua aspek. Uang yang dikeluarkanpun untuk membeli PC komputer juga tidak menjadi sia sia karena ternyata komputer mahal dengan fitur serba lengkap kadang tidak kita gunakan karena tidak kita butuhkan .....

Bagi siapa saja baik personal atau tidak yang sedang merencanakan untuk membeli PC atau komputer, baik laptop atau desktop, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips dari saya sebelum Anda pergi ke toko komputer.

Beberapa tips tersebut adalah:


1. Perhatikan Merk Hardware yang ada
Merk hardware yang saya maksudkan adalah, usahakan membeli komputer dengan hard ware yang sudah terbukti dan teruji ketahanannya. Terbukti disini mungkin bisa dipertimbangkan dari rekomendasi teman, penjual, yang sudah berpengalaman dan menggunakannya serta membuktikan kehandalan hardware tertentu.

2. Fokuskan pada Motherboard (kapasitor yang digunakan)
Hard ware disini sebenarnya meliputi apa saja mulai dari motherboard, processor, memory (RAM), VGA card (kalau ada), hardisk (hard drive)dan seterusnya. Namun saya akan lebih fokus kepada motherboard. Usahakan untuk mendapatkan  motherboard yang tahan  panas. Motherboard tahan panas biasanya ntuk saat ini adalah motherboard yang sudah menggunakan SOLID KAPASITOR sebagai kapasitornya. Solid kapasitor telah di sepakati sebagai kapasitor yang tahan terhadap panas hingga ratusan jam pemakaian (katanya). Perhatikan beberapa gambar motherboard dengan kapasitor biasa, solid kapasitor, dan campuran kapasitor biasa dengan solid kapasitor.

Gambar Kapasitor solid (solid kapasitor)
Gambar Motherboard (MOBO) dengan kapasitor biasa
(bukan solid kapasitor)
Gambar MOBO dengan Full Solid Capasitor
Gambar mobo dengan kapasitor campuran

Untuk kepentingan berinternet perhatikan terutama pada LAN (jika menggunakan jaringan dengan koneksi internet kabel) dan USB Slot jika menggunakan modem USB. USB yang tersedia di beberapa merk motherboard (walaupun baru), akan didapati power yang lemah. Ini biasanya ditandai dengan susahnya mendeteksi flash disk atau hardsik external pada saat dicolokkan. Jika demikian, maka USB modem pun biasanya akan susah terkoneksi ke komputer, dan bila sudah terkoneksi, lalu lintas data dari modem ke PC juga tidak stabil. Ini ditandai biasanya dengan seringnya disconnect pada koneksi internet menggunakan dial up connection.
Catatan: Motherboard keluaran sekarang kebanyakan sudah menggunakan kapasitor solid atau setidaknya campuran keduanya.

3. Tips Hardware yang lain
Untuk tips seputar hard ware yang lain mungkin mirip, atau hampir sama setidaknya dengan tips hardware lain di blog ini, cari aja di menu samping kanan. Mulai dari tips memory (bekas dan baru), tips hard disk (bekas dan baru), power suply (PSU), Monitor dan juga tips membeli dan mencari LCD bekas dan baru juga tersedia, dan hard ware lain yang mungkin juga perlu dibaca tipsnya.

Ok..selamat berburu komputer untuk Anda ber internet ria di rumah anda sendiri. Terimakasih, semoga manfaat...TULIS KOMENTAR DONG...

Similiar Devices

6 Comments:

Choi cah Joss 24 Mei 2010 pukul 07.24  

Ne ono info apik-apik hubungi aku yoo

- 081575779197 ato
- 40119229

Choi

AHMAD 3 Maret 2012 pukul 21.19  

numpang Tanya,
mana os yang terbaik untuk warnet
dos, window, or linux?
Thx

AHMAD 3 Maret 2012 pukul 21.21  

mana OS Yg terbaik untk warnet antara
window, linux, or dos

FRW 3 Maret 2012 pukul 22.20  

os untuk warnet..kalo mau yg gratis pake Linux - cuma pastikan ada expert linux yang siap mbenerin kalo ada rewel-rewelnya.

kalo specs memungkinkan dan ada 'budget' untuk beli lisensi ya pake win 7 atau setidaknya xp...

Kalo DOS untuk warnet..
DOS (Disk Operating System) - sederhananya komputer (PC) yang OS disimpan dalam sebuah perangkat penyimpanan yang populer dipanggil DISK (dulu ada Floppy disk), Microsoft punya MS-DOS, IBM punya PC-DOS dst.. So kalo dos yang situ maksud DOS yang itu yg gak mungkin lah untuk sekarang :)

Unknown 16 Januari 2015 pukul 03.21  

Nice Tips..

mampir juga gan di >> Infostore lihat barang elektronik berkualitas.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar berisi apa saja. Atau jika ada pertanyaan atau membutuhkan panduan berkaitan dengan permasalahan komputer, hardware dll...silahkan tulis komentar dengan email Anda. Saya akan dg senang hati menjawab sesuai pengetahuan saya..terimakasih. JANGAN SPAM!!!