Mengatasi Lenovo G475 Tidak Bisa Masuk Bios Bunyi Tuut tuut

Kebetulah hari ini kedatangan laptop yang berjudul Lenovo G475 (AMD) dengan keluhan tidak bisa sampai OS (Windows), mengeluarkan bunyi tut tut tut dan juga tidak bisa masuk BIOS. Sebelumnya sedikit gambaran tentangnya, Lenovo seri ini sepertinya masuk dalam jajaran laptop yang ditujukan untuk pasar low-budget yang tentu saja juga membawa spesifikasi dan hardware di kelasnya. Sebut saja processor AMD 1.3 GHz, layar 14-inch dengan kualitas ketajaman standar, sepertinya belum menggunakan LED sehingga harus melihat layar dari sudut yang tepat.

Namun RAM sebesar 2 GB (SODIMM-DDR3) dan hardisk 500 GB bawaannya menjadi nilai tambah tersendiri untuk sebuah laptop low-end meskipun ini sebenarnya sudah menjadi standar laptop saat ini. Begitu juga melihat dari kualitas camera, sepertinya cukup menjelaskan kalo G475 memang pada kelas ini. Namun demikian harga yang sangat murah menjadi big-deal yang tentu saja menjadi hal penting dalam market bersangkutan.

Kembali ke permasalahan,tidak bisa masuk OS,bunyi tut tut dan tidak bisa masuk BIOS. Setelah mencoba menghidupkan dan sedikit pemeriksaan secara kasar, analisa pertama kami adanya kerusakan pada BIOS, yang artinya pada motherboard. Kami juga menemukan tombol F2 (yang biasanya untuk BIOS), F8 (untuk pilihan booting) dan F12 (yang biasanya untuk bios juga) tidak berfungsi sama sekali. Langkah pertama adalah membongkar Laptop, mengeluarkan Hardisk, memori dan membersihkan bagian board dari debu. Setelah dibersihkan ternyata masalah masih sama.

Dari langkah pertama yang tidak menghasilkan apapun, akhirnya kita mencoba bertindak lebih jauh dengan membongkar hingga ke bagian KEYBOARD, dimana memang dari awal ada kemungkinan masalah BIOS ini disebabkan oleh rusaknya keyboard. Dan ternyata BENAR. Tanpa keyboard, ternyata laptop Lenovo G475 bisa berjalan dengan mulus tanpa tut tut lagi dan sampai pada OS dengan selamat. Dan kita juga mencobanya dengan keyboard eksternal (tambahan) di USB, laptop memang normal. Berarti masalahnya ternyata hanya pada keyboard.

Mengatasi masalah KEYBORD konslet
Setelah ditemukan masalahnya, tentu saja ada beberapa pilihan antara lain menyervis (repair) keyboard atau paling parah harus mengganti dengan keyboard yang baru. Kita tahu bagian keyboard laptop adalah bagian yang tipis dan sepertiya cukup susah untuk direpair. Tapi sebelum memutuskan untuk mengganti dengan yang bari, kita mencoba beberapa cara. Langkah pertama yang kita lakukan adalah:

1. Menjemur keyboard di terik matahari
Langkah ini diambil karena adanya kemungkinan rusaknya keyboard terjadi konsleting (hubungan yang tidak dinginkan :) di dalam bagian lembaran untuk tombol-tombol keyboard yang disebabkan oleh basah, lembab dan hal lain. Nah dengan menjemurnya diharapkan akan menghilangkan jamur ataupun lembab yang menyebabkan terjadinya konsleting.

2. Menguas (pakai kuas kecil) bagian tombol
Debu yang menumpuk pada bagian sela-sela tombol (tuts) keyboard bisa menyebabkan masalah. Karena bertumpuk banyak seiring dengan waktu pemakaian, tumpukan debu ini bisa menjadi lembab dan akhrinya menyebabkan masalah, Nah dengan menguasnya, diharapkan tidak ada lagi konsleting yang disebabkan oleh debu yang lembab.

Dan akhirnya setalah beberapa kali dijemur, dibersihkan tidak ada hasil apapun, tepat setelah hari ketiga kita lakukan sekali lagi penjemuran dan pengkuasan, dan akhirnya keyboard pun normal kembali.

Catatan:
Masalah BIOS dan booting di atas, pada umumnya memang disebabkan rusaknya board (bagian utama) laptop. Sungguh kebetulan memang laptop yang kita tangani ternyata hanya pada keyboard. Maka saran paling tepat adalah bawa ke tempat servis resmi, sukur-sukur masih ada garansi, dan pastikan nota pembelian dan kartu garansi ada.

Telusur punya telusur, ternyata laptop Lenovo G475 ini lama tidak dipakai dan disimpan di bagian bawah almari. Bagian bawah tentu dekat dengan lantai dimana kebanyakan lantai memang lembab atau bersuhu lebih rendah dari bagian di atasnya. Nah kurang lebih 7 bulan disimpan, pertama dihidupkan muncul masalah di atas. Maka dari itu, dari sini kita juga mendapatkan beberapa tips penting cara menyimpan laptop dengan benar:

Tips menyimpan laptop yang benar ketika tidak dipakai dalam waktu lama (lebih dari 1 bulan).

  1. Simpan laptop di tempat yang kering (jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas
  2. Masukkan laptop dalam kardusnya (jika ada), jangan lupa pasang gabus pelindung (stereofom -bener gak ya nulisnya?) dengan tujuan untuk melindungi dari kemungkinan adanya benturan dari atas, samping maupun bawah.
  3. Usahakan tidak menyimpan laptop dalam tumpukan benda-benda berbobot seperti tumpukan buku, koran, majalah, pakaian apalagi tumpukan kayu jati dan keramik :)
Nah begitulah kita menemukan dan mengatasi masalah keyboard Lenovo G475 AMD 1.3 GHz ini dan beberapa tips cara menyimpan laptop dengan aman. Senag jika ada yang mau menulis komentar.
Terimakasih, semoga bermanfaat.

Similiar Devices

23 Comments:

Unknown 14 Juni 2013 pukul 18.29  

bang.. mau nanya laptop ane saat
mau dinyalakan .. Muncul Tulisan
BOOT MANAGER
BOOT OPTION MENU
INTERNAL HDD
SATA ODD
NETWORK BOOT
DISURUH MEMILIH SALAH SATU…
CARA MENGHILANGKANNYA
BAGAIMANA YA….
THX UNTUK JWBNNYA..
Reply

Unknown 14 Juni 2013 pukul 18.32  

nmbhn…
terus saat d plh salah satu… ada bunyi
beepnya dan ada tulisan WINDOWS
ERROR RECOVERY….
MHN PENCERAHAN UNTUK
MENGATsinya.. thx

laptop ane LENOVO G475

FRW 23 Juni 2013 pukul 05.28  

@Hardi Hafidc: Kemungkinan pertama keyboard error. Sehingga terus masuk ke BIOS meskipun tidak dipencet apa2 pada saat pertama hidup.
Kemungkinan kedua: Eror pada BIOS sehingga tidak bisa menyimpan setting-an BIOS.

Solusi: Coba copot keyboard dan hidupkan laptop tanpa keyboard. harusnya normal pada jika memang yang bermasalah keyboardnya.

Kalo soal error recovery pada windows biasanya ya windowsnya rusak.
Solusi: install ulang

Anonim,  13 Januari 2014 pukul 02.01  

Mas ,kalo muncul harddisk secutity staport0 ,tu kenapa ya ??

FRW 13 Januari 2014 pukul 02.51  

@penpo Kerehore : Kemungkinan hardisk hilang partisi. Coba untuk instal ulang total dulu dengan bikin partisi baru. Pada saat install akan kelihatan apakah hardisk rusak atau tidak. Kalau rusak install tidak akan berhasil..

Unknown 1 Maret 2014 pukul 02.38  

gan kalo laptop lenove G475 gak bisa hidup gimna ? sudah lepas batre di tekan power nya gak hidup.di tekan lama juga gak hidup.mohon bantuannya ya.

Unknown 1 Maret 2014 pukul 02.39  

gan klo lenovo G475 gak bisa hidup gimana ? sudah copot batre sama saja.di tekan lama power nya sama saja.mohon bantuannya

FRW 5 Maret 2014 pukul 09.05  

@poetra ketiga : Kalo charger normal, kemungkinan besar masalah di komponen dalam yg biasa disebut IC regulator (yang mbagi power ke komponen di dalam rangkaian board utama)

Faizal Fahmi Baelul 21 Mei 2014 pukul 22.17  

Laptop saya juga Lenovo g475, keyboardnya begitu dn sekarang ada beberapa tombol mati. Bagaimana ya? Lebih baik diganti apa melakukan proses yang sama seperti diatas?

FRW 22 Mei 2014 pukul 09.38  

@Faizal Fahmi Baelul : Ya dicoba bersihkan dulu seperti cara di atas. sukur2 berhasil normal lagi, jika memang trobelnya karena kotor. nah jika tidak berhasil baru diganti..lagian kan sama sama bongkar keyboard juga :)

Unknown 13 Oktober 2014 pukul 03.43  

Driver yang sama dengan lenovo g475 apa ya??

Unknown 16 Februari 2015 pukul 01.55  

Laptop saya lenovo b490.laptop saya suka restart sendiri itu kenapanya?

FRW 16 Februari 2015 pukul 03.31  

@Aries Siyanta: pada umumnya, sering restart bisa disebabkan beberapa hal;
1. rusak OS nya
2. rusak hardisk (ada bad sector)
3. rusak RAM nya
4. rusak di motherboardnya

Jika laptop terasa panas berlebihan kemudian terjadi restart, kemungkinan besar kipas tidak bekerja maksimal sehingga system otomatis akan mematikan komputer (tidak restart)

Tips:
- coba bongkar bagian RAM, bersihkan pake kuas dan pasang lagi. Sekalian bersihkan juga semua bagian yang dapat dijangkau dari debu.
- coba juga diinstal ulang OS nya

Adit doank 14 Juli 2015 pukul 21.06  

Gan yg ane juga tut tut tut gak masuk sampe window karena males ngebenerinnya ada beberapa minggu gak dinyalain pas iseng2 suatu hari di nyalain lagi bisa dimainin kaya biasa ane matiin deh pas besoknya mau dipake eh tut tut tut lagi kenapa ya gan ... ?

FRW 23 Juli 2015 pukul 07.04  

@Adit doank: coba bongkar keyboardnya, kalau tanpa keyboard normal berarti ya keybordnya yang eror.

nounow 14 Agustus 2015 pukul 07.56  

Gan, laptop ane lenovo s215 ga bisa masuk bios, layar blank item, tapi kipas nyala...
Ni trjadi pas ane gagal updte bios, terus ane bawa ke servis katanya mobonya rusak, ane gogling disuruh nyoba buat flash biosnya, tapi ane ga ngerti caranya, mohon bantuannya master....

FRW 20 Agustus 2015 pukul 08.46  

@ nounow: coba dulu cara kuno dengan reset bios, temukan battery bios, biasanya harus bongkar total laptop baru kelihatan battery nya. Lepas battery BIOS, Lepas juga hardisk dan memory,hidupkan laptop, cabut power, sesaat kemudian pasang lagi battery.

kalau tidak berhasil dan layar tetep blank baru dicoba install bios:

Utility untuk bikin BIOS bootable USB:

- FreeDos: http://www.freedos.org/download/download/fd11src.iso
- Temukan BIOS sesuai model dan serial number mobo di situs resminya. PENTING!!
Good luck

Unknown 26 Agustus 2015 pukul 07.05  

Gan leptop ane juga lenovo g475...
Di nyalain tapi muncul no conection...
No boothing device..
Ane teken f2 dan f12 masuk ke main menu ko fi situ cuma ada 2 pilihan...
Dah di coba buka hard disk dan di copot trus pasang lgi ga ngaruh....


Awal windows 7 trus ada blank di ganti ma windows xp bru selang 5 bulanan dah no boothable devise...

Ap bsa gan di install ulang balik ke windows 7...
Dvd hilang tapi bisa beli ya gan di toko

Mohon bantuanya

FRW 25 September 2015 pukul 11.25  

@Dexzanda Holix

Kembali ke Windows 7 tentu saja bisa,
Cuma pastikan semua masih normal..
saya punya kecurigaan pas Win 7 blank terus di ganti XP, kenapa ke XP????
jangan2 ada masalah dengan laptop Agan..

DVD banyak yang cocok, coba hubungi tukang service komputer terdekat

Unknown 31 Oktober 2015 pukul 06.30  

Gan mw tanya,laptop lenovo klo dihidupin kadang bunyi tut tut gitu,kdg nggak.bnyk tmbol ga fungsi dan tampilannya Continue systm resume atau delete restoratiin data.tapi tombol arah dan enter ga fungsi.aq lpas kyboard jga sma.knp ya? Tolong ya gan

ach 10 Januari 2017 pukul 01.38  

Selamat sore . Pak lokasi service Semarang nya dmna ya ? Vga say juga mengalami masalah yang sama seperti kasus ini http://bekasku-bekasmu.blogspot.co.id/2010/01/mengatasi-masalah-vga-pada-compaq-v3000.html?m=1

nah apakah perlu ganti vga atau tidak? kalau ganti vga bayar berapa ? dan kalau tidak ganti vga bayar berapa ?
Terimakasih

saya sudah email juga
saya tinggal di tembalang
email achmadsyaifuddinzuhri17@gmail.com

Dora 26 Oktober 2020 pukul 17.03  

Bagamaina kalau laptop gagal booting dan masuk ke phoenix secure tiano setup

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar berisi apa saja. Atau jika ada pertanyaan atau membutuhkan panduan berkaitan dengan permasalahan komputer, hardware dll...silahkan tulis komentar dengan email Anda. Saya akan dg senang hati menjawab sesuai pengetahuan saya..terimakasih. JANGAN SPAM!!!