Tips Mencari dan Membeli Printer Bekas

Keadaan tertentu kadang memaksa kita untuk membeli barang bekas karena berbagai alasan. Dan jika Anda dalam posisi ini sementara Printer adalah barang yang Anda butuhkan, berikut tips membeli printer bekas agar Anda tidak menyesal.

Perhatikan Body Printer
Printer bekas yang baik harus bersih (tidak belepotan tinta di sana sini) Belepotan tintan selain dapat mengotori kertas pada saat digunakan, juga dapat merusak catridge. Ini terutama bila belepotan sampai pada bagian dalam printer di sekitar wilayah catridge.....



Selain itu perhatikan bagian cover penutup apakah ada bagian yang lecet (seperti bekas obeng dll). Ini untuk menghindari mendapatkan printer bekas yang pernah diganti komponen. Jika pernah diganti komponen bisa berarti printer tidak akan bertahan lama dan biasanya menyebabkan kerusakan lainnya.

Kelengkapan
Lazim sebuah printer bekas harus ada cabel data dan cabel power. Atau kalau pada produk tertentu seperti HP terdapat adaptor. Usahakan juga mendapatkan driver dalam bentuk CD atau file (flash). Ini akan memudahkan Anda saat instlasi printer. Terlebih lagi jika printer yang tidak banyak di pasaran.

Penjajalan dan Percobaan
Cobalah printer bekas dengan mencetak. Jika warna cobalah untuk mencetak sebuah foto. Perhatikan apakah hasilnya terdapat garis? jika ya berarti catridge dalam masalah. Perhatikan pula apakah warna masih akurat. Ini untuk memastikan semua warna keluar (berfungsi) normal.

Dan jika hanya hitam, cobalah untuk mecetak dokumen seperti surat, makalah dll. Perhatikan juga apakah tulisan bergaris atau tidak. Cobalah untuk mencetak tulisan (dokomen) satu halaman penuh dan berulang ulang. Ini untuk menghindari catridge yang bermasalah saat catridge bekerja dan menjadi panas. Biasanya pada halaman pertama dan kedua tidak masalah dan baru pada halaman selanjutnya terdapat garis pada tulisan karena catridge sudah panas.

Singkatnya adalah PASTIKAN printer bekas Anda berfungsi normal semuanya.

Masalah umum pada printer bekas
Nge Blink (kedip2, printer tidak jalan) pada pemakaian lebih dari lima lembar dan catridge menjadi panas. Ini sering terjadi pada printer seperti produk Canon PIXMA IP 1000 dan IP1880 dan yang lainnya.

Similiar Devices

1 Comments:

Epsoprint 11 Maret 2011 pukul 03.05  

kadang barang bekas tidak terlalu dihargai padahal barang bekas juga cukup berguna dan tidak kalah bermutunya dengan barang baru :)
http://epsoprint.blogspot.com/

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar berisi apa saja. Atau jika ada pertanyaan atau membutuhkan panduan berkaitan dengan permasalahan komputer, hardware dll...silahkan tulis komentar dengan email Anda. Saya akan dg senang hati menjawab sesuai pengetahuan saya..terimakasih. JANGAN SPAM!!!