Tips Mencari Memori Bekas


Salah satu penyebab pc tidak menjalankan os sengan sempurna adalah bermasalahnya memori (RAM). Maka kemudian solusi satu satunya adalah dengan mengganti RAM yang bermasalah tersebut. Di pasaran terdapat banyak sekali merk yang beredar, dari yang terkenal seperti Kingstone, Visipro, V-Gen, dan lain sebagainya dan juga lebih banyak lagi memori yang bermerk tidak terkenal.
Hal umum yang perlu untuk kita ketahui adalah jenis dan macam ram. secara umum, RAM ada beberapa macam jenis RAM yakni; SDR, DDR 1, DDR2, So DIM (DDR1 dan DDR2). RAM jenis SDR biasanya digunakan untuk PC berprocessor Pentium III atau Pentium II dan beberapa vondor motherboard Pentium 4 socket 478 ada yang masih menggunakan jenis SDR. Sedangkan RAM jenis DDR1 biasanya di gunakan untuk Motherboard berprocessor Pentium 4 socket 478 dan beberapa merk motherboard socket LGA juga masih menggunakan DDR1. Selanjutnya adalah DDR2, Ram jenis DDR2 biasanya digunakan untuk motherboard jenis socket LGA yang sudah mendukung Processor Dual core dan Core 2 duo. Dan saat ini di pasaran sudah mulai menggunakan RAM jenis baru lagi yakni DDR3. Namun saat tulisan ini dibuat masih jarang PC di pasaran yang sudah menggunakannya.
Dalam postingan ini, saya tidak akan membahas jenis RAM, kelebihan kekurangan, spesifikasi lengkapnya, karena saya hanya bermaksud untuk menulis tentang tips memilih dan membeli RAM bekas.
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli RAM bekas;
Jenis RAM
Banyak kejadian seorang USer datang ke toko hardware bekas, kemudian dia menanyakan apakah menjual ram bekas atau tidak, kemudian penjaga toko bertanya tentang jenis ram yang di gunakan, apakah SDR, DDR1, atau DDR2 atau yang lain?. lalu User bingung karena tidak tahu, yang dia tahu komputernya bermasalah dan kata temannya yang bermasalah ada RAM nya, maka kemudian disarankan temannya untuk membeli ram bekas.
Maka kenali dulu jenis rak yang akan dibeli, jangan sampai kejadian seperti di atas.
Kondisi Fisik RAM
Kondisi fisik RAM harus mulus, bersih dan tidak ada connector yang mengelupas atau hilang.
Chipset
Di pasaran RAM bekas ada beberapa merk yang asing, tapi yang terpenting adalah chipsetnya. Chipset yang terkenal dan terpercaya selama ini adalah Hynix. Chpset ini biasanya juga digunakn oleh merk terkenal seperto Visipro dan Kingstone.
Maka jika membeli memori bekas carilah yang ber chipset hynix. Atau lebih bagus lagi yang bermerk, seperti Kingstone atau Visipro.
Perhatikan PC dan DDR
PC para memori berbeda beda, misal untuk DDR1 ada PC 2700 ddr 200 , PC 3200 ddr400 dan lain sebagainya. PC berapakah memori yang anda butuhkan sesuai dengan Motherboard anda?
Mencobanya sampai di OS
Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mencoba memori sampai OS. Atau kalau perlu untuk menginstal OS. Permasalahan memori adalah sebagai berikut:
Memori bisa menjalankan OS dengan baik tapi ketika digunakan untuk meng install ternyata bermasalah

Nah.. Selamat berburu memori bekas...
Terima kasih semoga bermanfaat..


Similiar Devices

1 Comments:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar berisi apa saja. Atau jika ada pertanyaan atau membutuhkan panduan berkaitan dengan permasalahan komputer, hardware dll...silahkan tulis komentar dengan email Anda. Saya akan dg senang hati menjawab sesuai pengetahuan saya..terimakasih. JANGAN SPAM!!!