Tips Memilih dan membeli laptop bekas


Membeli laptop bekas sama saja dengan membeli alat-alat elektronik lainnya. Jika tidak berhati-hati dan pintar-pintar memilih maka hanya akan buang uang sia-sia. Sebelum memaparkan bagaimana tips memilih dan membeli laptop bekas, saya akan coba dulu sedikit melihat ke pasaran penjualan laptop bekas.

Bukan hanya di Indonesia, ternyata di Amerika Serikat pun perdagangan komputer bekas termasuk di dalamnya laptop bekas sangatlah ramai. Indikasi saya mengatakan ramai kenapa?. Coba sesekali masuk google.com kemudian ketik kata kunci "Secondhand Laptop" akan banyak sekali kita temukan situs penjualan laptop bekas. Coba juga lihat di toko-toko online komputer, banyak juga yang melayani penjualan laptop bekas disamping berkonsentrasi terhadap penjualan yang baru. Justru seringkali yang terjadi adalah kelangkaan stok komputer bekas di pasaran. Ini artinya permintaan lebih banyak dari stok, dan ini juga memicu masih tingginya harga laptop bekas.

Tips memilih dan membeli laptop bekas
Agar tidak kecewa setelah membeli laptop bekas, hendaknya diperhatikan beberapa hal di bawah ini:
Kodisi fisik serta bentuk laptop bekas secara umum

Laptop bekas yang akan kita beli haruslah mulus dan tidak ada goresan atau bahkan lecet. Ini mencegah agar kita tidak membeli laptop yang pernah terkena benturan keras atau bahkan terjatuh secara langsung. Bentuk laptop juga harus diperhatikan, maksudnya begini. Laptop yang berbentuk lebar dan besar jelas akan berbobot berat. Sudah menjadi hal penting berkaitan dengan bobot dari laptop, semakin ringan semakin bagus tentunya. Ini sangat bermanfaat natinya saat kita bergerak dari satu tempat ke tempat yg lain.

Perhatikan pula tempelan segel segel yang ada khususnya segel di bagian body bukan pada bagian tutup memory atau tutup HD atau tutup yang lainnya. Jika segel tampak rusak karena tertembus obeng, berarti laptop pernah di servise.

Perhatikan semua fitur dan fungsi hardware
Hidupkan laptop dan perhatikan hal hal di bawah ini:
  • LCD screen haruslah mulus tanpa titik (dot), menghitam sebagian, atau tergores. Khusus pada lcd, cobalah untuk mengganti background wallpaper dengan warna hitam dan putih.
  • Suara yang keluar dari pendingin laptop (biasanya ada di pojok bagian bawah sebelah kiri arau kanan laptop) terdengar berdesing pada saat kita pencet tombol power on. Ini untuk memastikan pendingin processor pada laptop berfungsi normal.
  • Cobalah satu persatu fitur yang ada seperti webcam, wifi, bluetooth, card reader, modem, colokan colokan USB, optical drive, colokan audio in, out dan microphone dan fitur yang lain jika tersedia. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.
  • Cobalah tombol keyboard satu persatu dari tombol Esc, F1, F2 dan seterusnya. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Banyak kasus di laptop bekas terdapat satu atau beberapa tombol keyboard yang tidak berfungsi.
  • Khusus pada Optical drive, jika dvd rw maka cobalah dengan mamasukkan DVD ke dalamnya dan coba pula untuk burning DVD menggunakan software yang ada seperti nero dll. Ini untuk memastikan semua fitur optical drive masih berfungsi normal. Kasus yang sering terjadi adalah DVD -RW yang seharusnya bisa digunakan untuk membakar DVD tapi ini tidak. Ingat! DVR-RW setidaknya mempunyai 6 fungsi di dalamnya.baca vcd, bakar vcd dan rewrite vcd (menghapus dan mengisi ulang pada kepingan cd khusus rewritable), baca dvd, bakar dvd dan rewrite dvd.
  • Cobalah untuk menutup dan membuka kembali layar monitor laptop berkali-kali, minimal3 kali dengan jeda waktu 3 atau 5 menit. Ini untuk memastikan connector dari CPU ke LCD berfungsi normal.
  • Perhatikan pula daya tahan batre. Batre dari laptop bekas yang kita beli haruslah bertahan minimal satu setengah jam. Ini sangat penting karena jika batre laptop tidak bertahan lebih dari setengah jam itu artinya adalah repot. Menggantinya dengan batre baru memang solusi, tapi harga dari laptop bekas bisa membengkak dan menjadi mahal pada hitungan akhirnya.
  • Hidupkan beberapa aplikasi bergraphic, seperti photoshop atau bahkan cobalah dengan game.
  • Setelah beberapa saat cobalah untuk me restart laptop bekas. Pastikan berjalan normal.
  • Perhatikan kelengkapan seperti tas laptop asli atau tidak, charge asli atau tidak, cd driver, dan lain sebagainya.
  • Pastikan laptop bekas bukan hasil dari perbuatan melanggar hukum.
Ingat! berhati-hatilah membeli laptop bekas, kalo perlu mintalah garansi dari penjual, maksudnya begini: jika di kemudian hari ditemukan ada masalah pada laptop yang pada saat memilih tidak dicoba karena lupa atau kelewatan, maka penjual bersedia menerima klaim tersebut.
Nah! Selamat berburu lapto bekas..Terimakasih semoga bermanfaat.

Similiar Devices

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar berisi apa saja. Atau jika ada pertanyaan atau membutuhkan panduan berkaitan dengan permasalahan komputer, hardware dll...silahkan tulis komentar dengan email Anda. Saya akan dg senang hati menjawab sesuai pengetahuan saya..terimakasih. JANGAN SPAM!!!