Tips Mencari Processor Bekas

Banyak alasan kenapa orang mencari processor bekas. Alasan paling umum mungkin masalah harga. harga processor bekas dengan yang baru bisa berpaut cukup jauh mencapai selisih 20 - 25 %. Persoalan kualitas processor bekas nyaris tidak ada masalah sama sekali. Kenapa saya bilang begitu?, karena bila processor bekas sudah terbukti normal maka tidak ada bedanya dengan processor baru terutama untuk yang bermerk Intel.

Processor Intel jarang ditemukan bermasalah, maksud saya adalah jarang sekali ada processor yang mati. Lain halnya dengan processor dari AMD. Processor AMD mempunyai kelemahan tidak tahan panas. Bila kipas processor mati atau menjadi lambat kemudian otomatisasi pada setting shutdown temperatur pada bios tidak diaktifkan, sudah bisa dipastikan Processor AMD akan mati terbakar kepanasan atau sering kita kenal dengan istilah overheat.

Tips membeli processor bekas ada beberapa, diantaranya;
  • Untuk socket 478 perhatikan kaki kaki processor ada yg melengkung atau tidak. Jika ditemukan ada yang melengkung maka resiko kerusakan semakin besar untuk pemakaian selanjutnya. Dan untuk LGA perhatikan titik-titik pada connectornya, apakah lecet, kotor atau bahkan mengelupas.
  •  Periksa suhu processor saat idle (windows hidup tanpa menjalankan program apapun) bedakan dengan ketika windows menjalankan program multiple (lebih dari satu program). Apakah processor menjadi panas melampui 60 C. Jika ya periksa cooling fan nya, cobalah untuk mengganti dengan yang lebih bagus. Fan yang bagus biasanya berbobot lebih berat dari fan yang kualitas biasa. Dan jika sudah diganti suhu tetap panas maka kemungkinan besar processor bermasalah dan kemungkinan rusak lebih besar untuk pemakaian selanjutnya.
Tidak banyak yang bisa dibahas disini, karena memang jarang sekali processor terutama yang dari Intel bermasalah atau mati. Lain halnya dengan AMD terutama yang produk dulu (Socket A).
kesimpulannya, jika kita membeli processor, tidak perlu memeriksa secara teliti. Pastikan processor bekerja dengan baik! Itu saja.

Terimakasih semoga bermanfaat

Similiar Devices

1 Comments:

Unknown 13 Januari 2017 pukul 23.50  

Semua processor bakal bermasalah kali kalo cpu coolernya mati. Bukan cuma amd aja intel pun juga sama. Namanya juga processor kalo overheating ya mati otomatis-_-

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar berisi apa saja. Atau jika ada pertanyaan atau membutuhkan panduan berkaitan dengan permasalahan komputer, hardware dll...silahkan tulis komentar dengan email Anda. Saya akan dg senang hati menjawab sesuai pengetahuan saya..terimakasih. JANGAN SPAM!!!