Tips Memilih Chasing

Kadangkala juga kita membutuhkan chasing bekas karena berbagai alasan. Seperti contohnya ada sebagian user yang tidak mementingkan tampilan luar komputernya, tetapi mementingkan spek isinya. Benar sekali memang tapi harus ada beberapa hal dari chasing bekas yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Bentuk
Bentuk chasing biasanya bermacam macam, secara umum ada 2 yaitu tower dan midle tower atau mini. Sesuaikan dengan motherboard yang akan di pasang. Chasing mini jelas tidak akan cocok untuk motherboard berukuran besar seperti ini:

atau yang seperti ini:

Selain bentuk satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah warna dan tamplan liar chasing. Beberapa chasing bekas sering mengelupas catnya dan kadang bahkan bekas terbakar rokok. Ini biasanya bekas chasing dari user yang perokok.

2. Kelengkapan
Usahakan mencapatkan chasing bekas dengan perlengkapan yang umum seperti USB front atau bahkan card reader berbentuk seperti floppy drive.

3. Tombol dan lampu led
Cobalah dan perhatikan tombol tombol yang ada pada chasing seperti tombol Power dan Reset. Usakahan tombol berfungsi baik dan normal. Dalam beberapa kasus chasing bekas terdapat tombol yang pencetannya terasa empuk tapi ternyata tidak bisa menghidupkan komputer karena  connector didalamnya soak atau kendor sehingga untuk menghidupkan komputer harus memencetnya dengan lebih keras.

Perhatikan pula lampu led. Mungkin hal ini tidak begitu masalah Tapi sudah menjadi kelengkapan standar cpu minimal ada dua led yakni led power yang terus menyala dan led HDD yang menandakan aktifitas hard disk saat bekerja.

4. Konstruksi chasing
Usahakan pula mendapatkan chasing bekas yang masih kuat dan tidak reot. Bekas chasing yang bagus biasanya berbody kuat dan kokoh. Ini akan bermanfaat bagi kestabilan dudukan motherboard sehingga motherboard lebih aman.

sepertinya hal sepele memilih chasiing tapi bila tidak teliti bisa2 hanya buang uang saja atau bahkan membahayakan motherboad kesayangan kita.

Semoga bermanfaat dan terimakasih..

Similiar Devices

2 Comments:

Antivirus 30 Maret 2011 pukul 20.02  

Terimakasih ya atas infonya :) . Kakak kan saya pergi ke toko komputer,saya menemukan komputer bekas pentium 4 HT 3.4 GHz,RAM 512 MB,HDD 80 GB,VGA 128 MB (memakai card/ tidak onboad),4 USB port dari motherboard ,2 USB port dari casing.HArganya RP.750.000 sedangkan harga komputer bekas pentium 4 biasa / Nothwood RP.950.ooo, kakak mencurigakan ga kalau pentium 4 HT murah ?????

FRW 30 Maret 2011 pukul 21.24  

Menurut saya gk ada yg mencurigakan...harga segitu cukup adil untuk CPU dengan specs itu..kalau bisa kurang malah :)..

cuma pastikan aja semua normal .. coba hidupkan, jalankan aplikasi2, coba dg game, multitasking, check hd ada bad-nya gk?, MOBO nya mantep gk (merk-nya)...
kalau gk ngadat (hang), gk restart sendiri dan masalah lain.. boleh tu diboyong...

dan jangan lupa minta garansi sama penjualnya..penjual CPU yg agak "keren" biasanya kasih garansi minimal 1 bulan, ada yg 2 bulan untuk hardwarenya..

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar berisi apa saja. Atau jika ada pertanyaan atau membutuhkan panduan berkaitan dengan permasalahan komputer, hardware dll...silahkan tulis komentar dengan email Anda. Saya akan dg senang hati menjawab sesuai pengetahuan saya..terimakasih. JANGAN SPAM!!!